Cara Menyenangkan Belajar Bahasa Inggris. Salah seorang guru B. Inggris saya mengatakan cara yang mudah dan menyenangkan belajar bahasa Inggris adalah lewat lagu. Dengan mendengarkan dan menyanyikan lagu-lagu berbahasa Inggris dan menerjemahkannya ke dalam Bahasa Indonesia adalah cara yang efektif. Sayangnya, saya bukan penggemar lagu barat.

Meski begitu, bukan berarti tidak ada cara lain yang menyenangkan dalam mempelajari bahasa universal tersebut. Awalnya saya tidak sadar bahwa yang saya lakukan adalah proses pembelajaran dalam bahasa Inggris. Karena pada dasarnya saya hanya melakukan apa yang saya senangi. Apakah itu?

Apakah kamu penggemar manga? Saya adalah penggemar berat manga. Mungkin karena masa kecil saya yang hampir tidak pernah terpapar komik, saya mengenal manga saat di bangku kuliah. Diiringi dengan paparan awal saya terhadap internet, saya menemukan website baca manga online dengan bahasa Inggris. Karena saya terlanjur suka manga, bahasa Inggris bukan penghalang. Walau pun saya harus didampingi oleh sebuah kamus agar memahami alur cerita. Tidak semua kata yang tidak dimengerti mesti dicari artinya, hanya kata-kata tertentu yang sering muncul dan tidak bisa saya perkirakan artinya yang saya cari terjemahnya.

Meskipun manga popular seperti One Piece dan Fairy Tail sekarang bisa ditemui dalam bahasa Indonesia, saya tetap memilih English Scanlation.

Bersamaan waktu, saya juga mulai meyukai dorama Jepang dan menemukan cara yang mudah untuk download dorama. Dan berhubung yang mengupload dorama tersebut orang luar, maka subtitlenya menggunakan bahasa Inggris. Lebih baik dari pada kanji yang tidak saya mengerti. Walau pun membaca subtitle diperlukan kecepatan selain pemahaman (berbeda dengan manga yang bisa dipelototi lama-lama) saya pun akhirnya terbiasa.

Selain dorama, saya juga menonton anime dengan subtitle bahasa Inggris. Masih ingat betapa sulit pada awalnya memahami kalimat yang panjang dengan tulisan kecil dan harus dibaca dan dimengerti dalam beberapa detik tersebut. Berhubung penasaran dengan ceritanya, tetap dijalani.

Beberapa bulan terakhir saya tertarik dengan sebuah novel romance dalam Bahasa Inggris. Dan rasa penasaran membuat saya mempu menghabiskan sebuah ebook novel bahasa Inggris di laptop saya. Sampai saat ini sudah lebih dari 10 judul saya habiskan.

Hobi saya yang lain adalah menulis. Saya berharap orang luar negeri selain Indonesia juga membaca tulisan saya, akhirnya saya mulai menulis sebuah blog dalam bahasa inggris, yaitu Visiting Indonesia.

Saya sadar, semua proses di atas kebanyakan bertumpu pada kemampuan membaca dan sedikit menulis. Saya pun mulai menonton film barat untuk melatih pendengaran saya dan ini masih dalam proses.

Jika dulu saya sempat bingung melihat teman saya yang dengan enjoynya menikmati film dengan subtitle Inggris, sekarang saya mengerti. Saat ini saya tidak mengalami masalah menikmati hiburan dalam format bahasa Inggris, baik manga, anime, dorama, novel, atau film.

Meskipun tanpa direncanakan semua kegiatan menyenangkan yang saya lakukan di atas telah meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris saya. Semua orang memiliki hobi yang berbeda, mungkin kamu memiliki cara lain yang menyenangkan dalam belajar Bahasa Inggris.