Jalan-jalan di Duta Mall Banjarmasin. Sehabis urusan di kampus IAIN Antasari Banjarmasin dan kosannya selesai, saya mengajak adik saya ke Duta Mall. Duta Mall adalah satu-satunya mall yang berada di Banjarmasin. 

Ini mungkin adalah kedua kalinya saya ke sana. Walau pun mungkin sebelumnya tidak sempat masuk dan sudah beberapa tahun yang lalu. Saya tetap pede masuk ke mall tersebut, lagi pula saya sudah sering pergi ke mall di Jakarta. 

Namanya juga mall, tidak berbeda dengan mall-mall lain yang pernah saya kunjungi. Intinya saya hanya ingin tahu, seperti apa Duta Mall itu. Kami pun naik hingga lantai tertinggi. 

Dan seperti kebiasaan saya jika ke mall, kami singgah ke toko buku Gramedia. Walaupun akhirnya kami cuma melihat-lihat dan tidak membeli satu buku pun. 

Tempat berikutnya yang kami masuki adalah hypermart. Dengan membawa sebuah keranjang kecil, kami melihat-lihat isinya. Tidak ada yang menarik perhatian kami hingga adik saya membeli super bubur. Kemudian saya membeli anggur, lalu kami memilih sebungkus naget. 

Kami pun memutuskan untuk pulang. Namun rupanya kami harus muter-muter dulu karena lupa letak pintu kami pertama masuk. Saat itulah kami melewati bagian makanan. Rupanya tempat makan seperti KFC, Solaria dan lainnya tutup di siang hari pada bulan Ramadhan. Tempat tersebut baru mulai buka pukul 17.00 Wita. Kecuali Donkin Donut dan Bread sudah beroperasi pada pukul 15.00 sore itu. Saya mencoba mengerti dengan aturan ini dimana kalimantan selatan mayoritas muslim. Hanya saya jadi berpikir apakah di Jakarta juga berlaku hal yang sama. Lalu bagaimana dengan umat nonmuslim yang ingin makan siang. 

Setelah menemukan pintu keluar yang rupanya masih satu lantai di bawah hypermart kami pun pulang ke Astambul.

Duta Mall Banjarmasin