Hari ini saya sibuk mengotak-atik blog Mari Ngenet. Sampai-sampai saya lupa untuk mengklik iklan Clixsense. Tujuan utama saya adalah menambahkan kotak komentar facebook. Tapi banyaknya cara dan tampilan menyebabkan saya lama bereksperimen hingga saya merasa puas. Walaupun jujur saja, saya berharap bisa mendapatkan lebih.

Akhirnya, selain membuat kotak komentar facebook, saya juga melakukan beberapa perubahan lain. Dintaranya adalah mengganti posisi fan page facebook dan menghilangkan artikel terkait.

Rencananya saya akan melihat pengaruh perubahan yang saya buat seminggu lagi. Parameternya adalah jumlah like fan page, jumlah pageview, jumlah komentar, dan alexa rank.

Sebenarnya Mari Ngenet memang tidak ada apa-apanya dibandingkan blog profesional. Blog ini tampilannya sangat sederhana dengan artikel terbatas dan sederhana. Saya pun jarang melakukan link building. Maka jangan bandingkan PR dan alexanya dengan yang lain. Walaupun katanya, blog ini bertema tutorial blogspot.

Saya jadi teringat pertama kali saya blogging lagi Maret kemarin. Intinya adalah blog ini, My Diary, berisi perjalanan hidup saya. Tidak ada urusan dengan pageview apalagi PR dan alexa.

Namun seiring perjalanannya, hobi blogging membuat saya mencari tahu trik-trik blog. Saya pun kembali menuliskannya di blog saya dengan tujuan, supaya saya tidak susah mencari lagi jika ingin mempraktekkannya.

Dari sinilah akhirnya saya bisa membangkitkan lagi blog-blog lama saya yang terkubur, termasuk Mari Ngenet. Karena temanya sesuai, saya pun mulai menulis artikel seputar internet di blog ini. Dan saat suatu ketika sebuah artikel blog saya tampil di halaman depan Google, saya bahagia. Ada perasaan bangga di sana. Dan saya ketagihan. Saya pun mulai berpikir bagaimana supaya semakin banyak artikel saya yang bisa tampil di halaman depan Google. Waktu itu saya belum memikirkan tentang traffik yang banyak jika berada di halaman depan, hanya sebatas kebanggaan.

Maka saya terus belajar dan bertemu kata SEO. Saya belajar secara otodidak dan mulai mempraktekkannya. Hasilnya tidak banyak. Walau pun jika dibilang tidak ada hasil juga bohong. Mungkin karena saya masih kurang giat. After all, saya tidak meninggalkan kenikmatan menulis.

Jika membahas artikel-artikel yang ada di Mari Ngenet, boleh dibilang hampir semua telah dibahas oleh orang lain. Namun bukan berarti saya kopas lho. Saya menerapkan sistem ATM, yaitu Amati, Tiru, Modifikasi.

Misalnya tentang cara membuat link terbuka di tab baru. Cari saja di Google sudah jutaan yang membahas. Namun waktu itu saya tidak melihat adanya artikel cara membuat link terbuka di tab baru tanpa edit HTML, dan saya tahu caranya. Maka saya pun menulis artikel tersebut.

Biasanya cara-cara tersebut saya temukan secara tidak sengaja. Cara mudah yang sangat jarang ditulis orang lain seperti Cara Download Youtube 3gp di Android Lewat Opera Mini tanpa aplikasi tambahan. Mungkin karena saya kurang pandai bahasa pemprograman, saya cenderung mencari jalan mudah dan ternyata belum dibahas orang lain.

Meski begitu saya juga banyak belajar dari orang lain. Seperti cara menambahkan readmore otomatis, saya juga belajar dari blog orang lain. Setelah saya praktekkan dan berhasil, baru biasanya saya tulis kembali dengan mencantumkan link sumbernya. Sebagai blogger, saya juga tidak mau tulisan saya dikopas sembarangan.

Meski begitu, boleh dibilang saya jarang banget kopas, jika ada paling kode HTML yang memang saya tidak pandai membuat. Namun untuk tutorial lainnya, saya cenderung membuatnya sendiri. Dan saya merasa senang setiap kali saya selesai membuat sebuah tutorial.

Meskipun judulnya Tutorial Blogspot, bukan berarti semua ada di sini. Biasanya saya hanya memasukkan tutorial yang saya temukan sendiri, saya pahami, saya kerjakan, atau yang menarik perhatian saya. Jadi tidak semua artikel tutorial blogspot saya masukkan. Yang ada saya malah jadi seorang kopaser.

Mungkin karena itu juga blog saya belum berkembang banyak. Follower maupun like fan page bisa dihitung dengan jari. Artikel kebanyakan tanpa komentar. Page view, yang penting ada pembaca. Alexa rank masih jutaan, PR nilai terndah. Tapi inilah proses belajar. Dan dengan ilmu yang sedikit ini, semoga bisa membantu orang lain.