Pagi ini saya kembali belajar mengendarai motor. Dengan abah saya duduk di belakang, saya mengendarai motor hingga Limamar dan Kampung Melayu. Saya belajar melewati jalanan yang cenderung sepi. Hanya sedikit kendaraan atau orang yang lewat.

Jalanan yang saya pelajari adalah jalanan yang sempit dan kadang banyak kelokan. Beberapa kali saya harus melewati jalanan rusak. Terdapat juga beberapa polisi tidur dan tanjakan berupa jembatan kecil. Saya juga mulai membiasakan membunyikan klakson, berpapasan dengan kendaraan lain, mengikuti dari belakang, juga menyalib kendaraan pelan di depan. Untuk berbelok, saya masih harus belajar lagi.

Masalah yang dihadapi adalah sebelah kaki yang digunakan untuk menopang motor. Saya biasa menurunkan kaki kanan saya lebih dulu dan mengayh dengan kaki kanan. Akibatnya motor miring ke kanan saat awal akan dijalankan. Kebiasaan ini sudah ada sejak lama saat saya menggunakan sepeda. Sepertinya saya harus berlatih menggunakan kaki sebaliknya.

Belajar Mengendarai Motor Matic