Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin. Ini adalah bandar udara yang terletak di provinsi Kalimantan Selatan. Jika dalam jalur penerbangan, biasa disingkat BDJ sebagai kodenya yang mungkin kepanjangannya adalah Bandjarmasin (Banjarmasin). Berbeda dengan Bandara Minangkabau yang merupakan Bandara Internasional, Bandara Syamsudin Noor hanya melayani penerbangan domestik.

Meskipun sering menggunakan nama Banjarmasin sebagai kota tujuan, sebenarnya bandara Syamsudin Noor tidak terletak di kota Banjarmasin, melainkan Banjarbaru. Untuk mencapai kota Banjarmasin, masih diperlukan perjalanan sekitar satu jam.

Jika tidak ada jemputan, di bandara terdapat sejumlah taksi yang bisa digunakan jasanya. Baik yang menggunakan argo maupun harga lain yang bisa ditawar. Mereka bahkan bersedia mengantar hingga ke Hulu Sungai.

Dari rumah saya yang berada di Astambul diperlukan waktu satu jam untuk mencapai bandara. Dan saya tidak perlu ragu dengan satu jam di kalsel karena sangat berbeda dengan Jakarta. Satu jam di tempat saya adalah perjalanan dengan kecepatan sedang dan bebas macet. Walau pun jarak Lebak Bulus - Cengkareng mungkin sama dengan Astambul - Syamsudin Noor, namun waktu yang di perlukan sangat jauh sekali.

Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Banjarbaru, bdj

Jika menghitung waktu rata-rata yang saya habiskan mulai keluar dari rumah saya di Astambul sampai kosan di Ciputat, kira-kira memerlukan waktu 7 jam. Dengan 1 jam 40 menit berada dalam perjalanan udara. Dan sebagian besarnya adalah perjalanan bandara - Lebak Bulus - Ciputat yang harus saya lalui dalam macet.

Meski begitu, saya tetap menjalaninya karena ini adalah rute yang harus saya tempuh.