Common Sense berdasarkan kamus Bahasa Inggris artinya akal sehat. Atau jika berdasarkan pemahaman saya sesuatu yang sudah dipahami dan dimaklumi oleh orang banyak. Lawan dari common sense adalah nonsense.

Berbicara mengenai common sense saya punya pengalaman menarik dengan kosa kata tersebut.

Waktu itu saya melakukan perjalanan dadakan dengan anggaran pribadi terbatas ke negeri Merlion, Singapura. Maka untuk menghemat biaya saya menginap di sebuah hostel.

Berbeda dengan hotel, kamar hostel yang biasa ditempati oleh backpacker biasanya digunakan secara bersama-sama dengan orang lain. Termasuk saya yang harus satu kamar dengan beberapa orang dari negara yang berbeda. Untuk alasan keamanan saya sengaja memilih kamar khusu wanita.

Sesuai kebiasaan, saya usahakan bangun pagi. Walaupun agak telat menurut saya karena waktu itu saya sedang tidak shalat.

Selesai dari kamar mandi, saya menyalakan lampu kamar, dan mungkin agak berisik saat membuka pintu. Salah seorang teman dari Sri Langka menegur saya. "Don't be noisy, the others are sleeping. It's common sense, you know". Kemudian, dia mematikan lampu.

Sambil mencerna kata-katanya saya kembali ke tempat tidur. Berdasarkan pernyataannya, apakah berarti saya tidak tahu common sense.

Jika saya membuat keributan jam 2 pagi, saya maklum bahwa saya salah. Tapi saat itu sudah setengah tujuh. Matahari sudah terbit. Dan saya hanya menyalakan lampu supaya kamar lebih terang. Apakah saya ngga ngerti common sense?

Bayangkan jika saya bangun jam 5 pagi, shalat Subuh dan membaca Al Quran. Entah bagaimana komentarnya.

Tapi saya coba ambil sisi positifnya. Kita berbicara tentang common. Sesuatu yang common akan muncul dari orang-orang yang common juga.

Saya dari Indonesia, biasa bangun pagi dan lainnya. Negara lain tentu memiliki kebiasaan yang berbeda. Selain itu, orang yang berada di sana saat itu tentunya untuk liburan. Bangun pagi bukanlah kewajiban.

Tapi sejak saat itu, saya lebih berhati-hati jika harus berbagi kamar atau tempat dengan orang lain. Sesuatu yang kita pahami bisa jadi berbeda dengan yang dipahami orang lain. Jangan sampai perbedaan kecil menjadi masalah dan ketidaknyaman.