Manfaat Menulis Diary di Blog. Melanjutkan artikel sebelumnya tentang menulis diary di blog. Berikut adalah bebrapa manfaat menulis di blog.

1. Untuk menyimpan kenangan
Manfaat ini serupa dengan manfaat menulis di buku diary. Karena ini adalah blog Anda sendiri, maka Anda bebas menulis apa saja yang Anda alami.

2. Melatih kemampuan menulis
Awalnya tulisan Anda akan sama saja dengan di buku diary biasa. Waktu itu yang terpikir adalah yang penting saya menulis. Tapi ketika suatu ketika Anda tahu ada yang membaca tulisan Anda, ada keinginan untuk lebih. Tanpa disengaja Anda akan menulis diary yang lebih menarik dan mudah dimengerti oleh orang lain

3. Bisa dibaca kapan saja
Koneksi internet memang sarat mutlak. Tapi dengan adanya HP dan provider yang berlomba-lomba, koneksi internet bukan masalah. Kadang membaca lewat Hp lebih menyenangkan daripada komputer.

4. Dapat menambahkan gambar dan video
Gambar bisa di tempel di buku, namun video tidak bisa. Lewat blog, Anda bisa menambahkan media apa saja yang diinginkan

5. Mudah ganti template
Jika bosan dengan buku diary, ada kecenderungan untuk membeli yang baru. Namun Anda bebas mengubah template blog sesuai keinginan dan suasana hati Anda.

6. Berbagi dengan orang lain
Diary memang kadang berisi hal yang sepele. Namun hal yang sepele sekarang banyak dicari di Google. Jangan heran jika pengalaman Anda belajar naik motor matic dibaca orang lain.

7. Bertemu orang-orang baru
Beberapa orang akhirnya akan meninggalkan komentar singkat pada tulisan Anda. Membuat penasaran dan kunjungan balik. Maka komunitas yang lebih besar terpampang di depan mata.

8. Menemukan keahlian baru
Setiap orang punya kecenderungan baru. Dari sekian banyak artikel yang sudah ditulis warna tulisan akan terlihat. Bisa jadi keseharian Anda disibukkan dengan mengotak-atik program komputer. Anda pun masih sempat menulis di diary bagaimana perjuangan Anda mendapatkan program, menginstal dan sebagainya. Dari seringnya Anda melakukan dan menulisnya, mungkin Anda akan berpikir, mengapa saya tidak menulis artikel khusus tentang program komputer atau membuat blog baru yang membahasnya.
Manfaat Menulis Diary di Blog

9. Publikasi tanpa biaya.
Saya percaya banyak orang yang ingin menjadi penulis namun karyanya ditolak penerbit. Apalagi isinya berupa biografi diri sendiri yang tidak terkenal. Terbitkan saja tulisan Anda di internet. Bukankah tujuan utama Anda agar tulisan Anda dibaca orang lain.

10. Menambah penghasilan
Saya memang belum menemui blog yang artikelnya hanya berupa diary penulisnya dan mendatangkan banyak dollar, tapi hal tersebut tidak menutup kemungkinan. Tapi Anda tentu pernah mendengar kisah Dika dangan kambing hitamnya.

11. Warisan Anak Cucu
Saya memang tidak tahu persis bagaimana orang-orang di belakang blogspot bekerja. Tapi saya belum pernah mendengar sebuah blog yang dihapus meskipun sudah tidak pernah diupdate. Kecuali blog yang melanggar kode penulisan seperti copas dan dilaporkan ke Google. Tapi diary adalah tulisan original Anda, buah karya asli Anda. Saya percaya Google sangat menghargai tulisan seperti ini. Selama internet masih bisa diakses, selama server masih berfungsi, meskipun Anda telah tiada, tulisan Anda kelak akan dibaca oleh anak cucu Anda.

Dari sekian manfaat di atas, saya tidak memungkiri bahwa menulis diary di blog juga mempunyai kekurangan. Namun hakikat suatu benda bermanfaat atau mudharat, kembali kepada manusia sebagai penggunanya. Maka jangan ragu untuk menulis diary di blog, jadilah orang yang produktif dengan menulis.