Menulis Diary di Blog. Diary adalah buku catatan yang berisi kehidupan pribadi seseorang. Sejak kecil, saya suka menulis diary. Seperti kebanyakan orang saya pun menyembunyikannya agar tidak dibaca orang lain. Salah satu diary saya bahkan menggunakan huruf sandi.

Saat SMA saya masih terus menulis diary. Saya juga sadar bahwa menuls diary meningkatkan kemampuan menulis saya. Saya pun mulai menulis diary dengan bahasa Inggris dan Arab.

Ketika kuliah, saya mulai mengenal internet. Suatu ketika saya menemukan blog teman saya yang berisi foto dia dengan kehidupannya sehari-hari. Waktu itu saya berpikir, orang ini narsis sekali memamerkan fotonya dan kehidupannya kepada orang lain.

Meski begitu rasa penasaran saya tetap ada dan saya pun mulai belajar membuat blog. Blog pertama saya adalah N-154 Medical Student. Awalnya saya hanya mengisinya dengan pelajaran kuliah berupa makalah dan ppt. Kemudian saya berpikir bahwa kegiatan perkuliahan juga patut diceritakan sebagai bagian dari kedokteran. Maka gaya penulisan diary saya pun mepengaruhi bahasa tulisan saya di blog.

Kepadatan kuliah membuat saya semakin jarang menulis di blog. Hingga saya berhenti blogging 2010. Walau pun kadang saya masih menyalakan laptop dan mengetik beberapa kalimat atau paragraf di diary yang saya buat di OneNote.

Pertengahan 2010 hingga awal 2012 kemarin adalah masa sulit dalam hidup saya. Saya memutuskan untuk berubah dan bangkit kembali awal Maret kemarin. Saya menyalakan laptop dan menghubungkan koneksi internet. Saya membuat blog baru berupa sebuah Diary. Saya percaya diary baru saya ini lebih berguna daripada obat yang diberikan oleh dokter.

Menulis Diary di Blog

Sampai saat ini saya masih terus menulis diary di blog. Hal yang paling membahagiakan saya adalah apabila seseorang membaca tulisan saya dan dapat mengambil manfaat dari perjalanan hidup saya. Saya tahu bahwa sulit dipercaya jika ada seseorang yang membaca diary saya dari awal sampai akhir. Tapi saya percaya, setiap sebuah artikel sederhana dari saya bisa memberi manfaat pada satu orang tertentu di luar sana.

Dan tentu saja masih banyak lagi manfaat menulis diary di blog. Maka jika kamu bingung ingin menulis apa di blog, tulislah sebuah diary. Tidak ada yang sia-sia dari sebuah tulisan.