Membeli Motor Honda Beat Kredit Adira di Surya Motor. Sehabis membeli tiket pesawat, abah mengajakku ke Surya Motor Honda. Awalnya saya pikir abah ingin menyervis motor, tidak tahunya malah memilih motor. Beliau bertanya mana yang saya suka. Berhubung saya tidak ada niat sebelumnya, saya iyakan saja motor Honda Beat berwarna putih. 

Rupanya abah memang sudah niat ingin beli motor sejak lama. Terutama motor metic yang tidak pakai gigi. Hal ini untuk memudahkan anak-anak perempuannya yang belum terlalu pandai mengendarai motor. 

Kali ini saya ingin menceritakan proses pembelian motor honda secara kredit melalui Adira seperti yang dilakukan abah saya. 

Untuk setoran awal, minimal 1,2 juta atau lebih, tergantung jenis motor yang diambil. Abah saya memilih setoran awal 5 juta rupiah untuk sebuah Honda Beat. Jumlah cicilan bulanan juga bervariasi, tergantung lamanya kredit yang ingin diambil. Ada yang 18 bulan, 24 bulan, 30 bulan, dan 36 bulan. Abah saya memilih cicilan 18 bulan. Berhubung Honda Beat sedang dalam masa promo, maka dapat potongan 2 bulan menjadi 16 bulan. 

Biaya bulanan yang harus abah setor berjumlah 673 ribu perbulan. Jika ditotal dengan setoran awal, harga motor honda tersebut senilai 15 juta sekian. Semakin lama waktu cicilan, harga total motor tentu semakin mahal. Seorang pembeli lain membeli motor honda dengan setoran awal 2,5 juta dan cicilan perbulan 648 ribu selama 3 tahun. Jika ditotal menjadi 25 juta. 

Di sana, kami juga sekalian memesan nomor polisi. Sudah ada beberapa nomor polisi yang sudah diurus dan kami tinggal memilih. Berhubung menurut abah 8 adalah nomor baik dan kebetulan semua nomor yang ada diawali 66, maka pilihan jatuh pada 6628 atau lengkapnya DA 6628 OU. Nomor plat polisi tersebut pun langsung dipasang dengan menambah biaya sekitar beberapa puluh ribu. 

Selain memilih plat polisi, saat memilih motor, abah juga memilih nomor mesin. Sebenarnya saya juga kurang mengerti, kata abah, menurut orang, kalau bisa harus ada angka 8 dan nomornya naik. Jadilah Honda Beat putih dengan nomor mesin diakhiri 6867. Saya sih iya aja, yang penting suka warna motornya. 

Adapun persyaratan membeli motor selain uang muka adalah fotokopi KTP sendiri dan isteri serta kartu keluarga. Selain itu ada banyak dokumen yang harus ditandatangani. Mestinya nih dokumen-dokumen tersebut harus dibaca dulu sebelum tanda tangan. Tapi berhubung banyak banget, percaya aja deh.

Berhubung abahku Cuma bawa KTP dia sendiri dan tidak ada KTP mama maupun kartu keluarga, maka petugas perkreditan dari Adira ikut ke rumah sekaligus mengantar motor. Sekedar tahu saja, Adira bukan satu-satunya perkreditan yang bekerja sama dengan Honda. Perusahaan perkreditan lain diantaranya adalah FIF. Dulu abah kredit motor lama lewat FIF. Intinya hampir sama. Dan sebagai perusahaan perkreditan, Adira tidak ada melayani kredit motor, tapi barang lain hingga rumah. 

Sebagai hadiah pembeliah pembelian motor baru, kami mendapat sebuah jaket honda dan helm. Kami juga memperoleh sebuah bingkisan Ramadhan. 

Setelah surat-menyurat beres, kami pun pulang ke Astambul. Seorang petugas Honda mengendarai motor tersebut sampai rumah kami karena saya belum lancar berkendaraan. Berhubung STNK sementara baru akan jadi 3 hari lagi, maka motor tersebut hanya memperoleh surat jalan sementara sekaligus surat antar dari dealer sampai rumah. Selanjutnya menunggu STNK baru bisa dibawa jalan. Menurut mereka, diperlukan sekitar 500 km perjalanan sebelum motor tersebut bisa di service. 

Untuk pembayaran selanjutnya dilakukan di kantor Adira pada cicilan pertama dan selanjutnya bisa melalui kantor pos, ATM, dan lain-lain. Abah memperoleh buku setoran kecil berwarna kuning yang tidak boleh hilang. 


Membeli Motor Honda Beat Kredit Adira di Surya Motor

Semoga motor Honda Beat ini awet dan menjadi teman perjalanan yang menyenangkan dalam kehidupanku mendatang.