Membaca Light Novel Sword Art Online. Setelah menonton anime Sword Art online yang baru 9 episode tersebut saya selesaikan. Saya tidak membuang waktu dan langsung membaca Light Novelnya. Dan Chapter 1 langsung menjawab kekurangan yang saya rasakan saat menonton animenya.

Saya sempat mengatakan bahwa alurnya terlalu cepat dan loncat. Kenyataannya tidak seperti itu. Karena alur di dalam novel menggunakan sedikit flashback dan di anime alurnya cuma maju.

Di awal novel diceritakan bahwa game Sword Art Online sudah berlangsung selama 2 tahun. Kirito sebagai salah seorang yang berada di garis depan kini sudah mencapai lantai 74. Dengan kata lain, peristiwa di awal game maupun kejadian-kejadian di lantai bawah adalah flashback. Jika kembali ke alur maju, maka cerita ini bergulir dengan kecepatan alur yang wajar.

Hanya saja, anime Sword Art Online menggunakan alur maju dengan bagian awal saat pertama kali game ini diluncurkan. Maka untuk mencapai masa dua tahun kemudian, alur dirasa terlalu cepat. Walau pun sekali lagi, jika dibandingkan dengan novelnya memang inilah latar waktu yang digunakan oleh pengarang.

Membaca Light Novel Sword Art Online, kirito asuna

Hingga saat ini light novel Sword Art Online sudah terbit sebanyak 10 volume. 

Saat ini, terjemah bahasa Indonesia belum sebanyak yang bahasa Inggris. Jika kamu bisa bahasa Inggris tidak ada salahnya untuk mencobanya. Meski begitu, beberapa orang mungkin lebih memilih menunggu animenya keluar. Silakan pilih yang paling sesuai dengan kesukaanmu.