Menonton Anime Sword Art Online. Setelah membaca sinopsis Sword Art Online, saya memutuskan untuk menonton animenya. Saat mendatangi animecrazy, saya agak sedikit kecewa, karena animenya masih airing atau belum selesai. Saat ini baru ada 9 episode. Sebenarnya bukan hal yang buruk, hanya saya lebih senang lagi jika sudah selesai agar tidak dibebani rasa penasaran.

Meski begitu, bukan berarti niat saya untuk menikmati SAO pupus. Saya pergi ke mangafox untuk menjenguk manganya. Biasanya manga selangkah lebih maju. Sayangnya, baru ada 7 chapter. Saya pun mendatangi forum untuk melihat komentar para pembaca dalam membandingkan manga dan animenya. Hasilnya lebih dari 80% lebih memilih anime. Walau pun beberapa mengatakan Light Novel lebih baik dari keduanya.

Saya juga berencana membaca Light Novelnya di mana saya yakin ceritanya sudah cukup jauh untuk memenuhi rasa penasaran saya. Meski begitu, saya memutuskan menonton animenya dulu sebagai pengenalan tokoh. Walau pun dengan membaca imajinasi bisa lebih bebas, saya ingin gambaran tokoh yang tertanam di benak saya persis seperti yang diinginkan pengarang. Maka kali ini saya mempercayakannya pada visual saya.

Berhubung Sword Art Online diangkat dari Light Novel, maka karakter tokohnya pun tidak jauh berbeda dengan anime Jepang pada umumnya. Sedangkan untuk kualitas gambar lainnya, saya tidak pandai berkomentar.
Menonton Anime Sword Art Online

Karena menonton anime adalah pengenalan pertama saya dengan SOA, secara tidak disadari tentu saya membandingkan ceritanya dengan manga MMORPG sebelumnya yang pernah saya baca. Kesan pertama saya adalah, ceritanya terlalu cepat.

Saat mendengar 100 lantai harus diselesaikan, saya sempat membayangkan ini akan menjadi cerita yang panjang. Satu lantai saja tentu banyak yang diceritakan. Kenyataannya, waktu berlalu dengan sangat cepat. Dalam beberapa episode, lantai 50 sudah terlewati.

Selain itu, beberapa episode awal cenderung tidak berhubungan. Seakan cuma penggalan-penggalan kisah yang terjadi secara acak pada lantai-lantai tertentu. Dan tujuan akhirnya mungkin pengenalan tokoh baru.

Meski begitu, akhir episode 9 tetap memberikan penasaran yang besar pada saya. Apa yang akan terjadi selanjutnya?

Berhubung saya bukan orang yang sabar, saya pun langsung membaca Light Novelnya. Dan kekurangan yang saya rasa ada di anime dijawab dan dijabarkan dengan baik pada Light Novel Sword Art Online. Cerita ini tidak patut dilewatkan.