Kapan terakhir kali saya menulis diary? Yang pasti adalah bulan lalu. Sebulan sudah saya mengabdi di pondok dan tentu sudah banyak yang terjadi yang patut untuk diceritakan.

Kanyataannya adalah, saya hampir tidak punya kesempatan untuk bercerita hingga hari ini, saya ingin bercerita.

Di sini saya jadi tenaga pengajar di kelas 2 SMP. Selain itu saya juga menjadi bagian pengasuhan. Untuk di kelas, bukannya tidak ada masalah. Cuma saya masih bisa memaklumi kelakuan santriwati, karena saya dulu juga begitu.

Yang cukup menjadi beban adalah menjadi bagian pengasuhan dalam menangani disiplin santriwati. Jika ikut jawaban di atas, maka dulu kami tidak begitu.

Banyak yang berubah. Saya adalah orang yang terbuka dengan perubahan. Namun jika yang terjadi adalah kemerosotan, tentu hal tersebut menjadi beban tersendiri buat saya. Entah karena saya masuk pada situasi yang kurang tepat. Atau memang ini adalah hal kronis yang sudah lama berlangsung.

Banyak yang harus dibenahi. Dan ini tidak bisa dilakukan seorang diri. Perlu kerjasama antara pempinan, para guru, staf dan seluruh santriwati. Untuk santriwati, saya berharap banyak pada OSDA baru yang beberapa minggu ke depan akan berganti. Semoga pondok ini bisa melangkah lebih maju ke depan.