Tahun ajaran ini adalah tahun pertama saya mengajar. Dan tahun ini pula pertama kalinya saya menjadi pengawas silang Ujian Nasioal (UN). Saya mendapat tugas mengawas di SMP 5 Negeri Martapura yang berlokasi di Sungai Ragas Martapura Barat.

Tahun ini UN SMP dilaksanakan pada tanggal 22-25 April 2013. Ada 4 mata pelajaran yang diujikan, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada UN kali ini ada 20 paket soal untuk setiap mata pelajarannya. Dengan kata lain, dalam 1 ruang yang terdiri dari 20 anak, maka masing-masing anak akan mendapatkan paket soal yang berbeda. Tidak ada satu pun yang sama.

Dalam 1 ruangan ada 2 orang pengawas dari sekolah lain. Tidak dibenarkan pengawas dari sekolah yang bersangkutan. Karena alasan itulah saya menjadi pengawas silang di sini.

un smp 2012-2013

Secara umum UN yang berlangsung di tempat saya mengawas berjalan dengan aman, tertib dan lancar. Baik dari siswanya maupun soal dan LJUN yang mencukupi tanpa adanya keterlambatan.

Meskipun begitu UN SMP tahun ini tidak sepenuhnya lancar. Di tempat lain masih terdengar adany keterlambatan pendistribusian soal sehingga UN harus ditunda. Setidaknya tidak sampai separah UN SMA yang harus ditunda secara bersamaan di 11 provinsi termasuk KalSel pada pekan lalu.

Sebagai seorang guru, kami hanya bisa memberikan motivasi kepada anak-anak. Walaupun ada keterlambatan, anggap saja sebagai kelonggaran yang diberikan agar mereka memiliki lebih banyak waktu untuk belajar.

Saya pun selalu mengatakan bahwa kita belajar bukan untuk ujian. Tapi ujian salah satu cara untuk menilai kesungguhan kita belajar selama ini. Bagaimana pun ilmu bukan untuk dibanggakan dalam bentuk nilai. Tapi bagaimana kita menggunakannya untuk kemaslahatan hidup di dunia dan akhirat.