Alhamdulillah. Tahun ini kita kembali dipertemukan dengan bulan yang mulia ini. Semoga bulan ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya hingga bisa mencapai fitrah di hari Idul Fitri pada bulan depan.

Berhubung bulan ini saya tidak ada jadwal mengajar, bukan berarti kegiatan di pesantren tidak ada sama sekali. Para santriwati lama tetap bertahan di pondok pada setengah bulan pertama. Ada beberapa target yang harus dicapai pada bulan ini.

Selamat Ramadhan 1434 H

Sebagai seorang muslimah saya juga tidak mau ketinggalan. Oleh karena itu, kali ini saya ingin menuliskan beberapa target yang harus saya capai pada bulan Ramadhan tahun ini.

1. Shalat wajib berjamaah dan di awal waktu
Meskipun tidak mudah, tetap harus berusaha.

2. Khatam Al Quran satu kali
Bagi beberapa orang target khatam sekali mungkin terlalu sedikit. Tapi minimal inilah target yang harus saya capai kali ini. Apalagi awal dan akhir Ramadhan harus saya lewatkan karena tamu bulanan.

3. Hapal Juz Amma
Dulu sempat hapal, tapi karena jarang diulang jadi lupa lagi. Harus semangat menghapalnya lagi pada bulan ini, kemudian sering mengulangnya pada bulan-bulan berikutnya.

4. Mengerjakan shalat-shalat sunat Muakkad
Saya harus bisa mengerjakan shalat-shalat ini setiap hari, yaitu, Tarawih, witir, tahajud, dhuha, dan shalat rawatib.

5. Sedekah
Meskipun seribu sehari, semoga jadi tabungan di akhirat nanti.

6. Menamatkan palajaran Bahasa Arab 1
Berhubung tahun ajaran depan saya mengajar Bahasa Arab di kelas 1 SMP, maka saya ingin mempelajari kembali buku yang pernah saya pelajari 10 tahun yang lalu ini. Bagaimana pun guru harus bisa lebih dulu dari pada muridnya.

7. Menamatkan buku Tajwid 1 dan 2
Selain mengajar Bahasa Arab, saya juga diamanahkan mengajar tajwid. Meskipun pelajaran Tajwid tidak berubah dari dulu dan selalu digunakan saat membaca Al Quran, dengan kembali mempelajari bukunya akan memudahkan dalam mengajar dan memperdalam materi yang masih kurang ku pahami.

8. Membaca 1 buku setiap minggu
Akhir-akhir ini saya disibukkan oleh kegiatan lain, terutama internet. Saya harus lebih banyak lagi belajar dari buku-buku yang bermanfaat.

Mungkin cukup itu dulu terget Ramadhan bulan ini. Semoga saya bisa mengamalkannya dan terus berlanjut pada bulan-bulan selanjutnya. Lalu apa targetmu bulan ini?

Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1434 H.