Saat pulang ke rumah beberapa hari yang lalu, ibu saya menawari buah kacapuri. Spontan saya langsung berkata mau. Walaupun dalam hati masih mengingat-ingat, buah kacapuri itu yang seperti apa ya. Karena sudah lama tidak memakannya.

Buah kacapuri adalah salah satu buah khas kalimantan. Bentuknya bulat dengan kulitnya yang tebal. Daging buahnya putih tipis mengelilingi biji yang besar. Dalam satu buah kacapuri terdapat lebih dari satu biji. Selain daging buahnya yang berwarna putih, serat yang menempel di kulit bagian dalam juga enak dimakan. Rasanya manis apabila buahnya sudah masak. Buah kacapuri yang mentah rasanya sepat.

Kulit buah kacapuri berwarna hijau, meskipun jika dalamnya sudah masak. Hanya saja buah yang masak akan mudah dibuka karena kulitnya tidak sekeras buah yang mentah.

Buah Kacapuri

Hampir sama dengan buah kasturi, buah kacapuri sekarang sangat jarang ditemukan. Buah ini tidak akan ditemukan jika belum musimnya. Selain itu disebabkan juga oleh pohonnya yang semakin sedikit. Saat ini, pohon yang tersisa kebanyakan adalah pohon lama yang belum ditebang.

Sayangnya banyak orang kalimantan sendiri yang sudah tidak mengenal buah ini. Saya sendiri hampir lupa jika tidak ditawari oleh ibu saya, karena terakhir kali memakan buah tersebut saat masih anak-anak. Padahal buah kacapuri adalah salah satu buah khas kalimantan yang enak rasanya dan patut dilestarikan.