Selain mengajar, salah satu kewajiban guru yang lain adalah mengawas ujian. Dalam menghadapi situasi ini, guru pun terbagi menjadi beberapa jenis.

Ada yang sangat pemalas. Baginya mengawas ujian adalah sesuatu yang tidak produktif. Meskipun mendapat honor, dia memilih tidak hadir saat jadwalnya mengawas. Tipe guru yang seperti ini biasanya membuat panitia gelabakan untuk mencari pengawas pengganti.

Tipe terlambat. Jika pengawas datang terlambat, maka ujian anak-anak pun juga terlambat. Terutama pada jam ujian pertama, banyak pengawas yang terlambat. Ini juga menjadi salah satu alasan panitia sibuk di pagi hari.

Apa adanya. Ini adalah pengawas yang sesuai dengan jalurnya. Datang sesuai jadwal. Libur jika tidak ada jadwal. Setidaknya tidak menambah kerepotan panitia.


Pencari rezeki. Ini adalah tipe pengawas yang hadir setiap hari, bahkan saat tidak ada jadwal. Panitia sangat terbantu dengan orang-orang seperti ini, terutama untuk menggantikan pengawas yang tidak hadir. Tentu saja semakin sering mengawas ujian, semakin banyak juga honor yang didapat.

Nah, kalo Anda kira-kira tipe yang mana.