Aku tetap datang terlambat kemarin pagi. Mungkin sekitar lima menit. Kepala SMP stand by di tengah lapangan. Setelah menyapa, aku langsung ke kelas.

Ini adalah tahun keempat aku mengajar. Tapi tetap saja aku merasa cara mengajarku masih kurang baik. Jika sebagian orang merasa waktu kurang. Aku merasa terlalu cepat mengajar. Tapi tidak tahu bagaimana pencapaian siswaku. Perencanaan mengajarkan masih perlu banyak pembenahan.


Tepat ketika ingin kembali ke kantor, Kepala SMP memanggilku. Aku disuruh ikut micro teaching pembelajaran Bahasa Inggris. Meskipun selama dua jam pelajaran dipenuhi pertanyaan mengapa aku disuruh ikut. Dari hasil micro teaching ini aku bisa membandingkan metode pembelajaranku yang banyak kekurangannya. Terutama dalam hal menyiapkan bahan ajar. Aku harus lebih berusaha lagi.