Hari minggu kemarin teman-teman seangkatan SMA memutuskan untuk memulai reuni sekaligus arisan. Karena lama tidak bertemu mereka, aku memutuskan untuk berpartisipasi. Awalnya ingin mengajak adikku pergi sekaligus jalan-jalan. Tapi berhubung dia kecapean, aku pun mengajak temanku yang lain yang kebetulan juga satu angkatan.
Arisan kali ini dilaksanakan di Banjarbaru. Temanku yang menjadi tuan rumah mengajak ketemuan di Danau Seran. Berhubung saya belum pernah ke sana, maka saya dengan senang hati menyambut ajakan tersebut.

Danau Seran terletak di Banjarbaru di Kecamatan Guntung Manggis. Untuk menuju daerah tersebut, saya sengaja memasang Google Maps di telinga dengan daerah tujuan Jl Danau Seran. Kami berangkat menggunakan sepeda motor.

Saat melewati Jl. Guntung Manggis, kami bertemu dengan rombongan teman kami yang lain. Maka kami pun berangkat bersama-sama. Dengan begitu, saya tidak perlu terlalu fokus dengan google maps sebab sudah ada petunjuk jalan.

Apalagi petunjuk di Google Maps akan berhenti hanya sampai di Jl. Danau Seran. Jika ingin lebih tepat maka harus memasukkan kata kunci Chik n Go Danau Seran.

Ketika sampai di lokasi Danau Seran, setiap sepeda motor yang masuk bayar parkir sebesar Rp. 5.000,-. Kemudian ketika akan memasuki lokasi wisata, setiap pengunjung diharuskan membayar Rp 5.000,- kembali.
Danau Seran Banjarbaru
Ada banyak sekali orang yang berjualan di sana. Juga ada tempat makan yang terletak di atas danau. Untuk mencapainya, kami berjalan di jembatan yang dihiasi payung-payung.

Makanan di warung apung lumayan terjangkau. Ada lalapan, nasi goreng dan juga jus. Kami pun memesan makanan di sana dan menikmati pemandangan danau.

Air di Danau Seran sangatlah jernih. Tumbuhan hijau yang berada di dasar danau terlihat dengan jelas. Membuat yang memandang rasanya ingin bercebur.

Meskipun begitu, air Danau Seran tidak lah surut. Di seberang danau terdapat pulau kecil. Jika ingin menyeberang ke sana bisa naik perahu dengan membayar sebesar Rp 5.000,-. Jika ingin berkeliling danau dan menikmati pemandangan dari atas perahu, bisa membayar Rp 10.000,-.


Bagi yang ingin foto-foto ada banyak tempat berfoto yang bagus. Diantaranya dengan latar tulisan Danau Seran dan danau dengan pulau di belakangnya. Bisa juga berfoto dengan payung-payung yang bergantungan di titian.

Sekitar jam 5 sore kami pulang dan berjanji untuk bertemu lagi dua bulan kemudian. Pertemuan siang itu sangat berkesan dengan ditemani pemandangan alam yang indah.