Buku adalah jendela dunia, membaca adalah pintunya ilmu.

Setelah selesai membenahi berbagai buku yang kami miliki dan menyusunnya di perpustakaan kecil, kini perpustakaan Ast sudah banyak dikunjungi anak-anak.

Pada jam istirahat, murid-murid SDN Astambul Seberang akan beramai-ramai pergi ke perpustakaan untuk meminjam buku. Kebanyakan buku yang mereka pinjam adalah komik, namun ada juga yang meminjam novel, majalah, dan buku pengetahuan.

Mari Membaca di Perpustakaan Ast

Menurut saya pribadi, tidaklah masalah murid membaca komik, selama hal tersebut bisa merangsang minat baca. Membaca komik masih lebih baik dibandingkan dengan hanya memainkan HP. Tentu saja dengan bebasnya dunia percetakan komik, hanya komik untuk anak yang diperkenankan untuk anak-anak.

Anak-anak yang ingin meminjam buku diharuskan untuk melaporkan buku yang ingin dipinjamnya untuk ditulis di buku peminjaman. Begitu pula ketika mengembalikan buku juga harus melapor. Hal ini untuk melatih kejujuran bagi anak dan bertanggung jawab terhadap buku yang dipinjamnya.

Selain anak-anak SD, beberapa siswa Aliyah juga ada yang membaca buku di Perpustakaan Ast, yaitu siswa yang berasal dari MAN 2 Banjar yang berlokasi di Jl. A.Yani Km.48. Biasanya mereka singgah di perpus sambil memfotokopi buku di Fotokopi Ast yang bersebelahan dengan perpustakaan.

Perpustakaan Ast sendiri berdiri karena saya dan adik merasa buku yang kami miliki lumayan banyak namun tersebar di segala penjuru rumah. Akhirnya kami memutuskan untuk membuat sebuah ruangan perpustakaan untuk menampung buku-buku tersebut.

Setelah disusun di ruang perpustakaan yang berukuran sepuluh meter persegi tersebut, baru lah terlihat bahwa buku yang kami miliki belumlah seberapa. Hal ini semakin jelas dengan adanya beberapa buku yang nampak kosong. Belum lagi anak-anak yang haus buku dan ingin meminjam lebih banyak buku.

Oleh karenanya kami menerima bantuan bagi yang ingin menyumbangkan buku. Terutama buku cerita anak atau pengetahuan umum. Perpustakaan Ast beralamatkan di Jl. A Yani Km.48 Astambul Seberang Rt.1 Rw.1 Kab. Banjar Kalsel.