Belajar bahasa asing dengan membaca komik sudah saya rasakan manfaatnya, terutama Bahasa Inggris. Walaupun waktu itu tidak ada niat belajar Bahasa Inggris.

Pertama kali membaca komik berbahasa Inggris dulu, niatnya murni karena penasaran dengan ceritanya. Waktu itu situs komik bahasa Indonesia boleh dikatakan belum ada. Situs komik berbahasa Inggris hanya beberapa. Yang paling terkenal waktu itu adalah Onemanga.

Meskipun bahasa Inggris masih terbata-bata, tetap komik tersebut saya baca karena penasarannya. Kosa kata yang tidak dimengerti bisa dilewati, yang penting paham maksudnya. Namun jika ada kata yang penting dan tidak dimengerti, aplikasi kamus sudah tersedia.

Saat ini Bahasa Inggris saya sudah lebih baik dan ingin memperdalam Bahasa Arab. Berdasarkan pengalamn, cara yang paling mudah dan menyenangkan adalah dengan membaca komik.

Rupanya, mencari komik Bahasa Arab tidaklah mudah. Apalagi mencari komik yang ceritanya sesuai dengan selera saya.

Saat ini ada aplikasi baca komik yang cukup populer, yaitu webtoon. Saya adalah salah satu penggemarnya dan hampir setiap hari membaca komik dengan bahasa Indonesia.

Salah satu fitur di webtoon adalah fan translation. Di sini, beberapa komik pilihan diterjemahkan ke dalam bahasa asing, termasuk Bahasa Arab.

Saya pun memanfaatkan fitur ini untuk melatih Bahasa Arab. Awalnya saya membaca judul webtoon favorit saya yang sudah saya pahami ceritanya. Ternyata hasilnya tidak efektif.

Webtoon berbahasa Arab, tidak ada harakatnya. Sulit dibaca untuk orang dengan kemampuan pas-pasan seperti saya. Akibatnya, saya membaca sambil lalu aja, karena sudah faham ceritanya.

Akhirnya saya mencoba mencari komik lain yang belum pernah saya baca sebelumnya. Tentu saja dicari cerita yang kira-kira menarik bagi saya. Maka saya pun memilih judul Lessa.

Saat baru membaca satu episode, rasanya ngos-ngosan. Karena saya berpikir dengan keras agar bisa membacanya kemudian memahaminya. Adanya gambar pada komik membantu saya memahami cerita.

Jika saat membaca komik dalam Bahasa Inggris saya bisa menghabiskan puluhan episode dalam sekali baca, maka untuk bahasa Arab, membaca tiga episode sudah cukup banyak. Sambungannya bisa dibaca keesokan harinya.

Alahmdulillah, meskipun terbata-bata setidaknya saya memahami ceritanya. Setiap kata baru dibaca semampunya dan ditebak-tebak artinya sesuai gambar. Semakin banyak membaca semakin meningkat pemahaman saya.

Berhubung hal ini baru saya jalankan beberapa hari, maka hasilnya belum terlihat nyata. Tapi saya yakin kosa kata saya akan semakin meningkat dengan banyak membaca.