Dalam satu masa, ada kalanya banyak ide yang mampir di kepala. Tapi karena terbatasnya kemampuan dan waktu, hanya beberapa yang bisa lahir sebagai artikel. Adapun beberapa ide yang lain, cuma sampai di judul saja.

Saya sering mengalaminya. Pada saat merasa kehabisan ide, akan saga buka kembali kumpulan judul tersebut. Ada banyak hal yang bisa ditulis.

Tapi entah kenapa, semangat menulis kadang seperti nafsu makan. Pada saat judul ditulis tersebut ditulis, ingin sekali menulisnya, sayang tak ada waktu. Tapi ketika ada banyak waktu luang dan memandang judul tersebut, semangatnya sudah berubah. Sepertu nafsu makan yang berubah dan ingin makan yang lain.

Tidak ada ide yang tidak baik. Tapi menulis yang didasarkan kesenangan memang berbeda. Sebagus apa pun ide itu awalnya. Ketika sang penulis sudah kehilangan minatnya. Maka berubah hambarlah rasanya.

Seperti saat ini, di mana akhirnya saya hanya menuliskan curhat ringan. Tak mau berpikir berat. Membiarkan berbagai ide yang tak sempat diikat dengan tulisan. Mungkin suatu saat jika diriku mulai berkenan.