Kebiasaan yang baik, kadang awalnya perlu dipaksakan.

Seperti halnya olahraga. Untuk memulai kegiatan rutin tersebut, awal mulanya harus dipaksakan dulu. Terutama bagi yang malas olahraga. Tapi jika sudah biasa olahraga, jika tidak berolahraga, badan rasanya sakit-sakitan.

Termasuk menulis artikel.

Menulis setiap hari menurut saya adalah kegiatan yang sangat baik. Dengan menulis, kita berlatih mengeluarkan pendapat. Adapun yang ditulis tidak perlu yang terlalu berat. Yang ringan saja, yang penting menulis.

Menulis setiap hari bukan berarti wajib menghasilkan satu artikel setiap hari. Bisa jadi menulis setiap hari ini merupakan suatu kegiatan membuat sebuah artikel utuh yang lebih berbobot.

Setiap orang memiliki gaya menulis yang berbeda. Baik itu gaya bahasa penulisan, maupun cara dalam menghasilkan tulisan.

Saya pribadi adalah orang yang sangat tergantung sekali dengan mood. Jika moodnya lagi bagus, saya bisa menulis banyak. Namun jika tidak ada mood, malas sekali menulisnya.

Ada kalanya, mood itu perlu dibangun. Atau mungkin dipaksa supaya menurut. Ini hanya awalnya saja. Jika sudah menjadi kebiasaan, maka tidak perlu dipaksakan lagi.

Agar kebiasaan baik tersebut mulai tumbuh lagi, saya akan mengambil langkah awal dengan mulai menulis setiap hari. Apapun bentuk tulisannya, yang penting menulis dulu.

Jika setelah dibaca ulang tulisan tersebut layak untuk dipublikasikan di blog, maka saya pun akan mempostingnya. Adapun jika tanggal penulisan dan posting berbeda sedikit, maka biarkan saja.

Semoga dengan awal yang agak dipaksakan ini bisa menjadikan kebiasaan yang baik untuk saya. Saya jadi teringat dengan peribahasa berbahasa Inggris yang terpampang di salah satu koridor sekolah.

First you make a habit, then a habit makes you.