Sudah dua bulan saya mulai mengajar les matematika. Adapun yang saya beri les adalah anak tetangga yang masih sekolah SD dan SMP.

Sebenarnya matematika bukanlah bidang yang paling saya kuasai. Saya bahkan bukan guru matematika. Tapi untuk hitung-hitungan pelajaran SD, insya Allah masih bisa.

Bermula dari hanya mengajar sepupu, kini ada empat orang yang menjadi murid les saya. Maka setiap Kamis sampai Minggu sore, ada les yang harus saya penuhi.

Jika memikirkan jadwal, rasanya malas karena harus mengajar lagi di sore hari. Padahal dari pagi sampai Ashar sudah mengajar di sekolah. Meskipun dibayar, bagi saya mengajar les bukanlah masalah materi. Tapi bagaimana saya berkontribusi terhadap lingkungan tempat saya tinggal.

Dengan memberikan les, saya jadi bisa lebih bergaul dengan tetangga tempat saya tinggal. Lagi pula bukan saya yang mendatangi rumah mereka, tapi anak-anak tersebut yang datang ke rumah saya.


Berhubung saya memang suka mengajar, maka saya pun menikmati prosesnya.

Ilmu itu adalah sesuatu yang unik. Jika ilmu dibagi maka dia akan bertambah.

العلم بلا عمل كالشجر بلا ثمر