Setelah dua bulan lebih menggunakan template Terkemuka dari blogger, kini My Diary kembali berganti template dengan Simplify 2 dari Arlina. Saya tidak tahu persisnya versi berapa yang saya gunakan. Yang pasti versi gratisan.

Selama menggunakan template Terkemuka dari blogger ada beberapa kelebihan yang dapat saya katakan:

- Loading blog menjadi lebih cepat
- Tulisan nyaman dibaca

Adapun kekurangannya adalah:

- Sulit menampilan widget
- Sulit menambahkan artikel terkait sesuai keinginan.

Sebenarnya kekurangan tersebut lebih disebabkan karena kemampuan saya mengedit template yang sangat terbatas.

Semula sempat ingin berganti ke template Vikka seperti Asik Pedia. Tapi tidak jadi karena masalah di kolom komentar. Akhirnya saya tertarik dengan Simplify 2 setelah milihat Maniak Menulis.

Wah, saya suka meniru ya,,,

Tidak masalah dong, kan templatenya gratis. Lagi pula isi artikelnya kan beda jauh. Terlalu jauh di bawah malah punya saya ini.

Selain template blog, saya juga mengganti judul blog ini dari My Diary menjadi أَيَّامِيْ . Dari yang semula Bahasa Inggris judulnya menjadi Bahasa Arab. Tetapi isinya tetap Bahasa Indonesia.

Berbeda dengan Mari Ngenet, di blog ini saya merasa lebih bebas berekspresi. Seperti kata Pak Anton, ngga usah mikirin SEO, saya terapkan di blog ini. Jangankan template dan judul blog, url blog ini saja pernah diganti. Akibatnya tentu saja pembaca jadi menghilang, deindeks ulang, broken link dan lainnya. Beberapa masih saya biarkan.

Karena tujuan awal blog ini adalah pengganti buku harian, terserah yang punya dong, mau bentuknya gimana atau ditaruh dimana.