Liburan 4 hari 3 Malam di Singapura

Sudah lama saya dan adik berencana untuk liburan ke Singapura. Alhamdulillah bisa terlaksana pada tanggal 4-7 Januari 2018 ini.

Ada banyak hal yang kami lakukan selama liburan. Tidak akan cukup satu artikel untuk menceritakannya. Oleh karena itu, saya menulis artikel ini. Isinya berupa rangkuman perjalanan kami.

Tanggal 4 Januari, kami berangkat dari rumah ke bandara naik angkot. Jadwal penerbangan kami pukul 10.45 dengan pesawat Citylink. Tiket sudah dipesan sebelumnya dengan aplikasi Travelokas.

Sesampainya di Jakarta, kami langsung menuju Sutle Bus setelah mengambil bagasi. Kami harus pergi ke terminal 2 D untuk penerbangan internasional.

Setelah chek in dan menyerahkan bagasi, kami memutuskan untuk makan dulu. Saya memilih makan di Hokben karena sudah dua tahun tidak makan di sini. Setelah itu baru kami pergi ke ruang tunggu penerbangan.

Sebelum itu kami harus melewati bagian imigrasi. Seperti biasanya antrian panjang karena berbarengan dengan rombongan umroh.

Di ruang tunggu kami melakukan jamak dan qasar shalat Zuhur dan Ashar. Supaya penerbangan kami lebih tenang setelahnya.

Pesawat Jet Star yang kami naiki terbang pukul 14.40 dan membawa kami ke negara singa.

Di singapura, kami kembali melewati bagian imigrasi. Antriannya sangat panjang dan padat sekali. Kami berdiri lebih dari setengah jam. Pengunjung dengan berbagai kebangsaan berbaris di sini.

Setelah mengambil bagasi, kami mengambil uang dulu di ATM. Setelah itu mencari peta singapura untuk memudahkan perjalan kami singapuran.

Dari berbagai pilihan yang ada, kami memilih naik taksi ke penginapan. Meskipun lebih mahal, setidaknya kami bisa duduk nyaman dan beristirahat. Terlalu lelah untuk memikirkan rute perjalanan.

Semula, saya berencana untuk langsung jalan-jalan pada malam pertama kami di Singapuran. Rupanya kami terlalu capek untuk pergi kemana-mana. Maka malam itu kami putuskan untuk beristirahat saja. Alhamdulillah ada wifi di penginapan. Kami pun memberitahu keluarga di Indonesia bahwa kami sudah tiba di Singapura dengan selamat.

Hari berikutnya, kami putuskan untuk mengunjungi beberapa lokasi di Singapura. Kami pergi ke taman Merlion, Little India, China Town, Arab Street, dan Bugis Street. Pada malam harinya kami pergi ke Garden by The Bay.

Hari ke tiga kami pergi ke Sentosa Island. Kami mampir ke depan Universal Studio dan masuk ke Museum Trick Eye. Sore harinya kami pergi ke Haw Par Villa. Dan malamnya kembali mengunjungi taman Merlion.

Kami pergi mengelilingi Singapura menggunakan MRT, karena lebih murah dan jalurnya lebih mudah dimengerti. Tapi saat hari kepulangan ke bandara, MTR dijadwalkan baru beroperasi pukul 8.00 am. Daripada terlambat, kami memilih naik taksi ke terminal 3 Changi Airport.

Perjalanan pulang kami menggunakan pesawat Lion Air Singapura Banjarmasin dengan transit di Jakarta. Dari Syamsudin Noor, kami naik taksi sampai rumah karena tidak mau ribet.

Secara umum, saya puas dengan liburan kali ini. Meskipun ada beberapa kekurangan yang kami alami. Kami mengunjungi banyak tempat dan saya menikmatinya. Tapi mungkin karena terlalu menikmati atau bagaimana, saya baru sadar bahwa tidak banyak foto yang berhasil saya ambil. Setelah sampai rumah, hanya ada beberapa foto yang bisa ditampilkan di blog ini.

Mungkin karena rencana awal saya adalah liburan dan bukan mencari bahan untuk blog, maka mungkin jiwa fotografi saya sedang tidak muncul.

Artikel ini hanyalah pembuka. Selanjutnya, masih akan ada artikel lain yang berisi berbagai pengalaman seputar perjalanan ini. Happy holiday.